Jajal Kekuatan Laptop Konvertibel HP Pavillion X360 - Sri Hartini

Breaking

Random Page | Makanan | Olahraga | Gaya Hidup | Komputer

Selasa, 15 Januari 2019

Jajal Kekuatan Laptop Konvertibel HP Pavillion X360

HP Pavillion. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah maraknya ponsel super pintar, tampaknya laptop atau komputer jinjing tak pernah kehilangan pamor. Berbagai produsen laptop berlomba memperbaiki fitur hingga model.

Salah satu model dan fitur yang saat ini sedang marak adalah laptop putar dengan layar sentuh. Selain Dell dan Lenovo, HP adalah salah satu vendor komputer jinjing yang masih 'getol' mengenalkan jajaran baru laptopnya.

Belum lama ini, CNNIndonesia.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal HP Pavilion seri x360 14-ba 161tx. 


Body dan Layar

Seperti nama serinya x360, laptop konvertibel ini bisa diputar hingga 360 derajat. Dari sisi body, laptop berbahan plastik dan logam dengan warna silk gold. 

Laptop ini memiliki besaran layar 14 inci dan aspek rasio 16: 9. Teknologi yang ditanamkan oleh HP dalam layar laptop ini adalah touchscreen. Laptop dapat dilipat layaknya sebuah tablet tanpa harus menggunakan keyboard.

Jajal Kekuatan Laptop Konvertibel HP Pavillion X360HP Pavillion X360. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Namun, jika ingin digunakan untuk bekerja, tampilan laptop tanpa papan ketik agak menyulitkan. Pengguna bisa tetap mengetik dengan papan ketik digital di layar.

Sayangnya, jika untuk bekerja dan mengetik cepat, papan ketik digital kurang nyaman dibandingkan dengan keyboard konvensional.

Tetapi, bagi pengguna yang menyukai gambar. Fitur laptop yang dilipat hingga tablet memudahkan untuk melakukan sketsa dan menggambar. Apalagi, HP menambahkan stylus dalam laptop ini.

Sayangnya, terkadang layar sentuh tak memberikan respon yang cepat dari goresan stylus. Namun, touchpad yang disediakan laptop ini sangat responsif. Windows 10 gestures seperti swipe tiga jari dan gerakan menu notifikasi bekerja dengan baik.

Jajal Kekuatan Laptop Konvertibel HP Pavillion X360Tampilan stylus. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Perlu diperhatikan juga, stylus yang diberikan terpisah dengan laptop. Berbeda dengan stylus berada pada Samsung Galaxy Note. Stylus laptop diletakkan terpisah layaknya iPad Pro dan Apple Pen.

Sehingga, pengguna harus lebih berhati-hati ketika menyimpan stylus agar tak mudah hilang atau terselip. Stylus yang diberikan lebih besar sedikit dari ukuran mayoritas bolpoin.

Namun, tetap nyaman dan mudah digunakan. Stylus ini bekerja menggunakan dua baterai. Sehingga pengguna harus memperhatikan pergantian baterai secara berkala agar tetap bisa digunakan. (age/age)


Audio, Prosesor dan Ketahanan
CNNIndonesia.com sempat menjajal laptop dengan posisi layar dibalik dan keyboard dijadikan alas untuk layar tetap tampil tegap. Saat itu, laptop digunakan untuk streaming. 

Dari sisi suara speaker, laptop ini memberikan suara yang jernih terutama saat menonton film. Pasalnya, teknologi audio laptop ini didukung oleh Bang & Olufsen.

Perusahaan audio ternama asal Denmark. Sehingga dari sisi suara memang tak lagi diragukan. Ditambah dengan kartu grafis NVidia GeForde 940MX.
Laptop ini memiliki baterai yang cukup kuat untuk digunakan sehari-hari. Ketika mencoba langsung, laptop ini dipakai untuk menulis dengan koneksi internet dan bisa bertahan lebih dari tujuh jam. 


Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain pun cepat dan tidak mengalami lagging atau lambat. 

Laptop ini ditenagai oleh Intel Core i5-8250U (1.6 GHz base frequency, up to 3.4 GHz with Intel Turbo Boost Technology, 6 MB cache, 4 cores)
Kesimpulan dan Spesifikasi
Dengan berat laptop sekitar 1,7 kilogram, perangkat ini cukup berat untuk dibawa-bawa. Namun, untuk pekerjaan sehari-hari terutama yang berhubungan dengan multimedia, laptop ini sudah cukup mumpuni dan minimal mengalami lagging.

Spesifikasi

Processor: Intel Core i5-8250U (1.6 GHz base frequency, up to 3.4 GHz with Intel Turbo Boost Technology, 6 MB cache, 4 cores)
Processor family: 8th Generation Intel Core i5 processor
Memory: 8 GB DDR4-2400 SDRAM (1 x 8 GB)
Internal storage: 1 TB 5400 rpm SATA
Storage type: HDD
Display: 14" diagonal HD SVA WLED-backlit multitouch-enabled edge-to-edge glass (1366 x 768)
Graphics: NVIDIA GeForce 940MX (2 GB DDR3 dedicated)
Audio features: B&O PLAY, dual speakers, HP Audio Boost
(age/age)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar